Saturday, January 9, 2010

LASKAR PELANGI (2008)



Runtime: 2hr 30min
Genre: Drama
Language: Indonesian

Explaination:
The story is about survival of the oldest Muslim school in Belitong island named Muhammdiyah primary school. It only hav one teacher (Miss. Mus), a headmaster (Mr. Harfan) and ten students. This school is for poor people who can't pay normal school fee. And not very far away there is an expensive private school. They have their uniform, books and calculator for its education's essential. On the other hand, Muhammadiyah hav a broken school building, no uniform and uses sticks for their math lesson. The students even have to clean the school after rain because lots of wild animals go in the classroom looking for shelter. Tats why the classroom becomes very dirty, wet and stinky.

Even though tis ten students have to deal wif many difficulties during their effort to receive a proper education. However, they dun give up and still hav big dreams. They studied diligently and make great history for their school. We can see tat there r lots of poor people who can't afford for school in Belitong. Ironically, one of the richest island in Indonesia who produces plenty of tins. Seriously, they'r deserve better public facility and not sum crappy leaking school.

I love tis movie because its a very touching yet inspiring movie. U can see the love , friendship and faith r all over tis movie. I think this movie is the second spectacular Indonesian movie after Ayat-ayat Cinta. Well well its a breakthrough for Indonesian movie industry. Good job, it was a great movie! ^-^

Huraian:

Sebuah adaptasi filem dari novel fenomena LASKAR PELANGI karya Andrea Hirata, yang mengambil setting di akhir tahun 70-an .

Laskar Pelangi berkisah tentang 10 anak kampung di Desa Gantong, Pulau Belitong, Sumatera. Mereka bersekolah di sebuah SD Muhammadiyah yang bangunannya nyaris roboh dan pada waktu malam pula menjadi kandang ternak. Sekolah itu nyaris-nyaris ditutup jika muridnya tidak sampai 10 orang.

Hari pertama pembukaan kelas baru di sekolah SD Muhammadyah menjadi sangat menegangkan bagi dua guru luar biasa, Muslimah (Cut Mini) dan Pak Harfan (Ikranagara), serta 9 orang murid yang menunggu di sekolah yang terletak di desa Gantong, Belitong.

Jika saja tak ada Harun ( Jeffry Yanuar ), seorang anak berusia 15 tahun dengan keterbelakangan mental, yang disekolahkan oleh ibunya agar tidak hanya mengejar anak ayam di rumah, tentu tidak pernah terjadi kisah ini.

Muslimah atau Bu Mus dan Pak Harfan , dua orang inilah yang meneruskan perjuangan sekolah tersebut. Mereka menginginkan anak-anak miskin berhak untuk menggapai cita-cita. Rasa menyerah, putus asa, dialami Bu Mus dan Pak Harfan karena tidak adanya minat serta biaya bagi kaum miskin untuk menyekolahkan anak-anaknya.

Maklum, bagi kalangan bawah, menyekolahkan anak berarti mengikatkan diri pada beban biaya yang harus ditanggung selama bertahun-tahun. Termasuk tertutupnya kesempatan mempekerjakan si anak secara penuh waktu demi membantu mengurangi beban hidup yang berat.

Namun di hari itu Harun, seorang murid istimewa menyelamatkan mereka. Berkat Harun, jumlah murid genap menjadi 10 orang dan sekolah batal ditutup. Lalu, sepuluh murid itu diberi nama Laskar Pelangi oleh Bu Muslimah .

Lima tahun berlalu, Bu Mus, Pak Harfan dan ke sepuluh murid dengan keunikan dan keistimewaan masing-masing, berjuang untuk terus bisa sekolah. Di antara berbagai tantangan berat dan tekanan untuk menyerah, Ikal ( Zulfani ), Lintang (Ferdian) dan Mahar ( Veris Yamarno ) dengan bakat dan kecerdasannya muncul sebagai pendorong semangat sekolah mereka.

Film ini dipenuhi kisah tentang kalangan pinggiran, kisah perjuangan hidup menggapai mimpi yang mengharukan, serta keindahan persahabatan yang menyelamatkan hidup manusia.

Seperti diketahui, film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama, Laskar Pelangi, karya Andrea Hirata. Ini adalah novel pertama Andrea. Kabarnya, novel ini adalah memoar masa kecilnya dan semua pelakunya adalah nyata.

Laskar Pelangi adalah teman-teman masa kecil Andrea saat bersekolah di sekolah kampung yang miskin di Belitong. Tapi, tidak disebutkan secara eksplisit dalam novel itu oleh Andrea Hirata bahwa itu adalah kisah nyata.

Setelah diangkat ke layar lebar, film yang disutradarai Riri Riza itu berhasil menampilkan setting akhir tahun 1970an.

Pemandangan indah dan menarik membuat film ini tak membosankan ditonton dari awal hingga akhir. Isi cerita cukup mewakili penggambaran tentang semangat mengejar cita-cita.

Film ini sukses mencampur aduk perasaan penonton. Ada bumbu serius, lucu, dan sedih.

Ada satu adegan lucu yakni ketika Ical jatuh cinta kepada A Ling. Cinta monyet itu berawal dari membeli kapur. Berikutnya, Ical rela melakukan apapun agar dapat bertemu kembali dengan A Ling, walau untuk itu dia harus membagikan kapur kepada anak-anak Laskar Pelangi.

Nah, apakah film ini sesuai bayangan Anda ketika membaca novelnya? Temukan jawabannya dengan langsung menontonnya sendiri. Anda tak akan puas jika hanya membaca review film Laskar Pelangi.

Trailer:


Download:
http://rapidshare.com/files/226157339/Laskar_Pelangi.part01.rar
http://rapidshare.com/files/226157426/Laskar_Pelangi.part02.rar
http://rapidshare.com/files/226157388/Laskar_Pelangi.part03.rar
http://rapidshare.com/files/226157545/Laskar_Pelangi.part04.rar
http://rapidshare.com/files/226157368/Laskar_Pelangi.part05.rar
http://rapidshare.com/files/226157567/Laskar_Pelangi.part06.rar
http://rapidshare.com/files/226157541/Laskar_Pelangi.part07.rar
http://rapidshare.com/files/226157376/Laskar_Pelangi.part08.rar
http://rapidshare.com/files/226157559/Laskar_Pelangi.part09.rar
http://rapidshare.com/files/226157528/Laskar_Pelangi.part10.rar
http://rapidshare.com/files/226157487/Laskar_Pelangi.part11.rar
http://rapidshare.com/files/226157197/Laskar_Pelangi.part12.rar

Or

http://www.megaupload.com/?d=I8CUMC0C
http://www.megaupload.com/?d=O8K0LXU0
http://www.megaupload.com/?d=3RYW7NBD
http://www.megaupload.com/?d=0F4VVIDR
http://www.megaupload.com/?d=QRW6K6SQ
http://www.megaupload.com/?d=H6H00ZVU
http://www.megaupload.com/?d=Z49J4AEF
http://www.megaupload.com/?d=ZOS3LFSN
http://www.megaupload.com/?d=31QF68H5
http://www.megaupload.com/?d=KEDFIUY8
http://www.megaupload.com/?d=VC1MBSXO
http://www.megaupload.com/?d=9RNPBZJ0

No comments: